Apa yang membedakan Tanah PJB lunas dengan PJB tidak lunas?

Ketika melakukan transaksi jual beli tanah, Anda akan di hadapkan oleh berbagai macam istilah salah satunya adalah PJB. Kita harus mengetahui istilah-istilah ini agar tidak salah membeli dan tidak terkena tipu para penjual nakal. PJB ini sendiri juga memiliki dua jenis yaitu lunas dan tidak lunas. Apa saja itu? Dan sebenarnya apa PJB? Apa yang membedakan Tanah PJB lunas dengan PJB tidak lunas?

Apa itu PJB?

Akta pengikatan jual beli atau di kenal dengan PJB adalah sebuah bukti, tanda dan pengikat bahwa telah ada transaksi jual beli tanah tersebut. biasanya PJB di terbitkan ketika proses jual beli tanah belum sepenuhnya selesai. Misalkan dalam menunggu surat-surat lainnya atau ketika pembayaran ajak. PJB di keluarkan ketika akta jual beli belum bisa di keluarkan karena beberapa alasan misalkan tanah masih proses melunasi, sertifikat tanah boleh sepenuhnya jadi, pajak belum lunas dan lain-lain.

Akta PJB belum Lunas

Akta PJB atau pengikatan jual beli yang belum lunas di berikan ketika tanah belum lunas. Di dalam akta belum ada kuasa dari pihak yang berwenang. Di dalam PJB belum lunas berisi syarat-syarat yang harus di penuhi

Akta PJB Lunas

Sedangkan akta PJB lunas adalah akta pengikatan jual beli yang di keluarkan karena pembayaran tanah telah lunas. Jadi jika Anda telah memiliki PJB tidak lunas kemudian tanah yang Anda beli Anda lunasi, Anda akan mendapatkan PJB lunas.

Kenapa Anda mendapatkan PJB lunas tidak Akta Jual Beli langsung?  Karena proses pembuatan AJB belum di buat di hadapan yang berwenang yaitu PPAT karena alasan-alasan yang telah di sebutkan di atas seperti pajak pelum lunas, sertifikat masih dalam proses ganti nama atau pemecahan dan lain-lain.

Jika dalam PJB belum lunas tidak ada kuasa dari pihak berwenang, maka dalam PJB Lunas, telah ada kuasa dari pihak berwenang mengenai kuasa untuk menjual tanah dari dua belah pihak yaitu penjual tanah dan Anda.

Jika syarat-syarat pembuatan akta jual beli sudah terpenuhi, seperti sertifikat, pajak, pelunasan tanah maka tanpa perlu penjual di hadirkan, pihak berwenang di sini adalah PPAT atau notaris akan otomatis mencetak AJB tanah tersebut dan mulailah proses sertifikat tanah yang sebelumnya bernama penjual tanah menjadi Anda.

PJB lunas dan tidak lunas memiliki banyak perbedaan. Mulai dari kapan mereka di keluarkan hingga isi pengikat tersebut. nah di atas adalah penjelasan lengkapnya.

Arti Sertifikat Hak Satuan Rumah Susun (SHSRS) dan Tanah Girik jual tanah