Ingin Mengganti Cat Tembok? Lakukan dengan Langkah Ini Agar Hasilnya Terlihat Sempurna

Mengganti cat tembok biasanya rutin dilakukan ketika menjelang hari raya, ketika akan menggelar hajatan, atau ketika merasa bosan dengan warna cat lama. Dalam pengerjaannya, akan ada banyak tahapan yang dilakukan. Jika biasanya Anda mempercayakan tukang untuk melakukannya, tidak ada salahnya melakukannya sendiri, asalkan mau mempelajari langkah-langkahnya.

Langkah-langkah Mengganti Cat Tembok

Periksa dan Perbaiki Dinding

Untuk mengecat dinding baru, pastikan dalam keadaan bersih dan kering. Karena dinding baru yang masih basah mengandung kadar alkali semen yang cukup tinggi. Jika Anda mengecatnya dalam keadaan belum benar-benar kering, dikhawatirkan cat akan mudah berjamur atau menggelembung. Lapisi tembok dengan cat dasar terlebih dahulu hingga merata, baru kemudian aplikasikan cat akhir agar dapat menempel dengan baik.

Sedangkan untuk dinding lama, pastikan kondisi dinding dalam keadaan baik. Bersihkan permukaan tembok dari debu, jamur, kapur, dan minyak yang menempel, agar cat baru dapat melekat sempurna. Bersihkan sisa-sisa cat lama dengan sekrap dan tambal bagian yang retak atau berlubang dengan plamir, lalu rapikan dengan amplas.

Pengecatan Akhir

Periksa kekentalan cat sebelum diaplikasikan pada tembok. Usahakan jangan terlalu kental atau terlalu encer. Jika perlu, tambahkan air dengan takaran maksimal 5% dari berat total cat. Untuk menghilangkan bayang-bayang cat lama, gunakan warna yang lebih tua dan pastikan lapisan cat tembok disapukan dengan rata.

Setiap lapisan cat tembok terbaik memerlukan waktu setidaknya 4 sampai 5 jam hingga benar-benar kering. Setelah itu baru Anda dapat mengaplikasikan lapisan berikutnya. Pengecatan cat akhir idealnya sebanyak 2 atau 3 lapisan hingga bayangan cat lama tak terlihat lagi.

Selain langkah-langkah di atas, ada cara lainnya. Pertama, bersihkan debu yang menempel dengan lap. Selanjutnya gunakan cat tembok berwarna putih sebagai lapisan dasar. Tunggu hingga cat minyak berwarna putih benar-benar mengering. Lalu aplikasikan cat tembok di atas lapisan tersebut hingga merata.

Seperti langkah pertama, ulangi hingga 2 atau 3 lapisan hingga merata dan biarkan kering. Cara alternatif ini dapat membuat tembok kembali bersih dan tampil dengan warna baru dalam waktu yang lebih singkat.

Sebab cat rumah dan kantor mudah luntur