Metode latihan di sekolah penerbangan

Sekolah penerbangan memang tidak sama seperti sekolah tinggi lainnya. Pelatihan di sekolah penerbangan dilakukan dengan lebih ketat karena profesi siswa nantinya menyangkut nyawa banyak orang. Maka ada dua macam metode latihan di sekolah penerbangan yaitu teori dan praktek. Selain itu, pihak sekolah juga biasanya mengadakan outbond dan marching band untuk melatih mental siswa. MEtode latihan tersbut adalah:

  1. Latihan secara teori

Penting bagi siswa untuk mengetahui aturan-aturan penerbangan atau hal-hal lain yang bersifat teori. Maka dari itu latihan di sekolah penerbangan juga bersifat teori. Siswa juga akan diharuskan untuk mengenal bagian dan mesin pesawat. Mengetahui dasar-dasar cara kerja mesin pesawat. Siswa sekolah penerbangan juga harus belajar cara penyelamatan diri. Khusus untuk pilot, latihan teori juga diperlukan untuk menghitung kecepatan angin, ketinggian, memperkirakan cuaca untuk terbang, dan lain-lain. Latihan secara teori ini merupakan langkah awal untuk pengenalan sebelum siswa melakukannya secara langsung.

  1. Latihan secara praktek

Setelah metode latihan secara teori, siswa juga diwajibkan untuk melakukan praktek. Pada dasarnya, latihan praktek di sekolah penerbangan dibagi lagi menjadi dua yaitu:

  • Praktek simulasi

Simulasi bukanlah pelatihan yang dilakukan di tempat yang sebenarnya. Siswa masih berlatih di dalam kelas atau lingkungan sekolah tapi mencoba mempraktekan apa yang harus mereka lakukan di lapangan. Simulasi dilakukan untuk mempersiapkan siswa dengan sungguh-sungguh agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan dan lain-lain. Simulasi biasanya masih dilakukan secara bersama-sama dengan siswa lainnya. Praktek simulasi ini nantinya juga menentukan berhasil atau tidaknya latihan di lapangan. Jika siswa dirasa sudah cukup aman untuk ke lapangan maka siswa bisa praktek langsung di dalam pesawat.

  • Praktek langsung

Metode pelatihan ini adalah yang paling penting, karena semua proses pembelajaran dilakukan secara nyata pada praktek ini. Untuk pilot misalnya, praktek langsung dilakukan dengan mengendarai pesawat. Praktek ini dilakukan satu per satu sehingga lebih efektif. Praktek langsung juga menentukan apakah siswa sudah cukup baik untuk menjadi seorang pilot. Pesawat yang digunakan tentu adalah pesawat berukuran kecil dan ditemani oleh instruktur.

Tips pendaftaran dan seleksi pramugari sekolah pilot