Penyebab lepasnya lapisan cat yang diaplikasi kombinasi warna cat rumah

Sering kita menjumpai lapisan cat yang mengelupas atau retak. Cat yang lepas dari dinding membuat warna semen atau warna dinding terlihat merusak keindahan ruangan. Pelepasan lapisan cat ini membuat dinding menjadi terlihat jelek dan usang. Padahal pelepasan lapisan cat bisa terjadi hanya dalam beberapa hari setelah pengeatan. Ada beberapa penyebab lepasnya lapisan cat yang diaplikasi kombinasi warna cat rumah, yaitu:

– permukaan kotor mengandung minyak

Permukaan dinding yang kotor dan mengandung minyak juga membuat lapisan cat lepas dan mengelupas. Kotoran terutama minyak membuat cat tidak bisa menempel dengan sempurna. Cat biasanya hanya bertahan beberapa hari saja sebelum akhinya mengelupas.

– pengecatan pada dinding yang mengapur serbuk halus

Dinding yang mengapur sering kali membuat kita ingin mengecatnya lagi. Tetapi pengecatan secara langsung di atas dinding yang mengapur membuat cat menjadi mengelupas. Pengelupasan lapisan cat terjadi karena daya rekat cat hilang akibat kapur dari cat lama. Maka perlu diperhatikan juga kondisi cat lama sebelum melakukan pengecatan ulang.

– dinding yang belum kering

Pengecatan pada dinding yang belum kering juga membuat cat bisa lepas. Ketika dinding masih basah, lapisan cat tidak bisa menempel dengan baik, maka baru sebentar saja setelah dicat, lapisan cat akan mengelupas. Selain itu dinding yang belum mengering juga mengandung zat alkali yang mempermudah pengelupasan cat.

– penggunaan plamir dengan kualitas rendah

Jika Anda menggunakan plamir atau dempul, sebaiknya langsung saja gunakan yang memiliki kualitas bagus. Kebiasaan orang-orang adalah menyepelekan plamir karena lapisan ini memang tidak terlihat. Tetapi plamir dengan kualitas rendah bisa terangkat dan akan ikut mengangkat lapisan cat. Inilah yang membuat cat dinding mengelupas atau lepas.

– kualitas cat tidak baik

Kualitas cat juga mempengaruhi lepasnya lapisan cat. Ada jenis cat yang jika makin lama akan semakin mengeras. Pengerasan pada lapisan cat ini yang akhirnya membuat cat terkelupas. Ada juga cat jenis yang benar tapi kalitasnya memang tidak baik sehingga bisa terlalu keras saat kering.

Atasi beda warna (color different) pada kombinasi warna cat rumah